Tuesday, September 16, 2008

Laporan Hasil
Membaca Buku Nonsastra



Data Buku:
1. Judul : Kehidupan di Padang Pasir
2. Penulis : Lucy Baker
3. Penerjemah : Esther S. Mandjani
4. Penerbit : Quality Press
5. Tahun penerbitan : 1997
6. Tebal buku : 30 halaman
Ringkasan:
Buku yang kubaca ini bercerita tentang kehidupan di padang pasir atau gurun pasir. Ada banyak gurun pasir di dunia. Yang terbesar adalah Gurun Sahara. Ukuran nya sebesar Amerika Serikat. Gurun terdingin adalah Gurun Gobi di Asia. Sedangkan yang paling panas adalah Death Valley yang terletak di California, Amerika Serikat. Hampir separuh Australia ditutupi oleh gurun.
Gurun pasir yang panas masih ada mahluk hidup yang menjalani hidupnya disana. Seperti tumbuhan. Tumbuhan terkenal di gurun pasir adalah tumbuhan kaktus. Mereka dapat bertahan hidup karena mereka memiliki akar yang panjang atau luas agar dapat menyerap air agar tumbuhan kaktus tetap bisa bertahan hidup. Hewan-hewan yang tinggal di gurun adalah kalajengking, reptil, kelinci, dll.
Di gurun juga ada penduduk. Orang-orang Gurun Gobi yang dingin hidup di dalam pondok bundar yang kokoh yang disebut yurt (dimiringkan). Rumah sederhana tersebut bisa menahan hembusan angn sampai 145 km/jam. Orang-orang semak jarang minum. Mereka mendaatkan sebagian besar kebutuhan air mereka dari akar dan melon gurun yang ditemukan di bawah tanah gurun.
Gurun juga memiliki oasis. Oasis adalah satu-satunya sumber air yang terdapat di gurun. Semua mahluk hidup yang tinggal di gurun hidupnya bergantung pada sumber air oasis ini.
Sabrina Joest
Grade 7

No comments: